Sunday 22 November 2015

SUKSES




 Sumber gambar : dok.pribadi

Setiap orang di dunia ini pasti ingin sukses. Sukses memiliki makna yang luas dan bersifat relatif. Adakalanya, sukses diartikan ketika seseorang memiliki harta melimpah, kedudukan pangkat yang tinggi, istri  yang baik, anak yang menyenangkan, kendaraan yang memadai, dan lain – lain. Ada pula yang memaknai bahwa
kesuksesan itu ketika seseorang bisa bermanfaat bagi lingkungan di sekitarnya. Seorang cendikiawan muslim di Indonesia, Ibu Marwah Daud Ibrahim, penulis buku motivator MHMMD ( Mengelola Hidup dan Merencanakan masa Depan ) menyampaikan bahwa suskses itu adalah ketika seseorang bisa melakukan tugas kemanusiaannya masing – masing, sesuai dengan minat, bakat dan jalan hidup yang telah ditetapkan oleh Tuhan Yang Maha Esa. Setiap manusia lahir dengan tugas kemanusiaannya masing – masing. Setiap orang bisa menghasilkan karya untuk menjadikan hidup lebih baik, serta dengan itu seseorang bisa meyakini akan ke-Besaran Sang Pencipta. Di mata Tuhan, setiap orang di dunia ini mempunyai kesempatan yang sama untuk mencapai kesuksesan. Sedangkan menurut penulis sendiri, sukses adalah ketika kita bisa memanfaatkan waktu yang ada di dunia ini dengan baik sebagai sarana untuk mencapai kehidupan kekal di akhirat nanti. Silakan mendefinisikan sendiri makna kesuksesan sesuai dengan pendapat anda sendiri.

Banyak cara yang diupayakan manusia untuk mencapai kesuksesan.  Dari cara yang sederhana, sampai dengan cara yang ekstrim. Dari yang santai, sampai dengan tingkat kesukaran yang serius. Dari yang rapi, sampai dengan asal – asalan. Berbagai cara ditempuh, asalkan mereka memperoleh kesuksesan. Seorang pecinta alam akan merasakan kesuksesan yang luar biasa ketika dia bisa mencapai puncak gunung atau tebing. Seorang tokoh terkenal dari Perancis, Alain Robert , yang dijuluki manusia laba – laba di usianya yang kini sudah kepala lima menyampaikan, dia akan merasakan kesuksesan yang luar biasa ketika dia sudah “menaklukkan” gedung tertinggi di suatu negara. Baru – Baru ini di media massa diberitakan bahwa dia telah memanjat sampai ke puncak  Cayan Tower, salah satu gedung tertinggi di Dubai, Uni Emirat Arab. Di bidang teknologi, siapa yang tidak mengenal Prof. Dr. Ing. Bacharuddin Jusuf Habibie. Presiden ke-3 Republik Indonesia ini mempunyai segudang prestasi di bidang kedirgantaraan. Film biografinya sangat apik kita saksikan di layar lebar, yang mengambarkan tentang kegigihannya dan segudang prestasinya memajukan dunia penerbangan Indonesia. Tokoh yang dijuluki dengan Mr. Crack ini mendapat pengakuan dunia atas prestasinya dalam pembuatan pesawat terbang. Kemudian, tokoh berikut nya yang tidak kalah hebat di dunia bisnis, adalah Chairul Tandjung. Siapa yang tidak kenal dengan si anak singkong, pemilik Trans Coorp. sekaligus pemilik Bank Mega ini ? bahkan beberapa waktu yang lalu di sebuah media massa, dia termasuk dalam nominasi orang terkaya di Indonesia. Contoh orang sukses lainnyya silakan anda cari sendiri sesuai dengan parameter anda. 

Penulis pernah menemukan kiat atau langkah – langkah, agar seseorang itu bisa mendapatkan kesuksesan. Apapun yang kita inginkan, apabila kita disiplin dalam menjalankan kiat ini, maka sesulit apapun impian kita, pasti akan dapat kita peroleh. Oh ya, tentang impian seseorang, setiap manusia berhak mempunyai mimpi atau cita – cita, asalkan cita – cita itu harus terukur. Misalkan, seseorang mempunyai cita – cita untuk menikah di bulan angkasa luar. Jelas hal ini tidak terukur dan tidak mungkin dilakukan, karena sarana dan prasarana untuk memenuhi impian tersebut tidak mungkin ada. Betapa susahnya seorang penghulu dan petugas yang menjadi saksi pernikahan kalau dalam melaksanakan tugasnya harus terbang ke bulan dulu.  
Ada beberapa kiat, agar seseorang bisa memperoleh cita – cita yang diimpikan dan diinginkan. Kiat – kiat tersebut antara lain :
1.       Perenungan
Sebelum berusaha mewujudkan cita – cita nya, seseorang harus melakukan perenungan dulu, diantaranya adalah pengenalan diri, memperbaiki niat, menghitung diri seberapa kemampuan dia untuk mewujudkan cita – citanya, membuat resolusi diri ( wajib ), serta menyiapkan segala sarana dan prasarana nya.
2.       Pelatihan dan pembiasaan
Setelah kita sudah mantap dalam menggapai apa yang sudah kita cita – citakan, kita harus melakukan proses latihan yang menerus terus dan pembiasaan yang berkesinambungan. Bentuk nya antara lain adalah pencarian kesempatan, penetapan tujuan, pemetaan hidup serta penyusunan proses.
3.       Mempelajari kisah sukses.
Mempelajari kisah sukses seseorang sangat dianjurkan apabila kita ingin sukses. Seorang motivator kaliber dunia, Brian Tracy , menyampaikan : “ Jika Anda bisa menemukan apa yang sungguh – sungguh Anda inginkan, lalu mencari tahu bagaimana orang telah pernah mencapai apa yang telah Anda inginkan, dan jika Anda lalu mengerjakan apa yang mereka telah lakukan, maka Anda akan  mendapatkan hasil yang sama atau lebih.” Banyak tokoh – tokoh dunia yang bisa kita pelajari dan tiru jejak langkah kesuksesan hidupnya. 

Sebagai seorang muslim, penulis menyadari bahwa apalah artinya sukses di dunia, tetapi sengsara di akhirat. Kita ingin sukses di dunia, juga sukses di akhirat kelak. Apa yang kita jalani di dunia ini, seyogyanya selalu kita niatkan untuk mencari akhirat, Insyaallah kita akan memperoleh kesuksesan di dunia dan kesuksesan di akhirat.
“Sego pecel lawuhe rambak, donyane kecekel akhirate kecandhak” 1
Salam sukses,
NB :
1 : pepatah jawa, “ makan pecel lauknya rambak / kerupuk, dunia nya diraih, akhiratnya pun diraih”

No comments:

Post a Comment