Tuesday 15 December 2015

Takdir : sekelumit pertemanan saya 3 tahun dengan Rizal Armada





Gambar : Rizal Armada, ganteng mana dengan saya ? hehehe
Sumber : www. twitter.com
Aku rela pergi
Pagi pulang pagi
Hanya untuk mengais rejeki
Kau doakan saja aku pergi
Semoga pulang dompetku terisi
( Pergi Pagi Pulang Pagi, By : Armada )

Lagu di atas sangat terkenal dikalangan masyarakat Indonesia. Tua muda, pria wanita, bahkan anak – anak pun tidak asing dengan teks lagu di atas. Siapa yang tidak mengenal Armada, grup band yang mengusung genre pop ini sangat digemari oleh sebagian besar masyarakat Indonesia. Para fans armada menyebut diri mereka dengan sebutan Pasukan Armada. Di gawangi oleh 5 pemuda, grup ini memperoleh banyak sekali penghargaan di blantika musik Indonesia. Sering lagu – lagunya dipakai dalam sinetron, Ost. Sebuah film layar lebar, ring back tone, nada dering HP, atau bahkan sering juga dimodifikasi menjadi musik hiburan dangdut koplo yang sering kita dengar di hajatan kampung. Itulah kreatifnya orang Indonesia dalam mengapresiasi seni musik.

Grup band ini terdiri dari 5 pemuda, yang terdiri dari Rizal ( vokal ), Radha ( gitar ), Mai (gitar ), Andit ( drum ), dan Endra ( Bass ). Grup musik ini dibentuk pada tahun 2007 dengan nama awal Kertas Band. Mereka merilis album perdana mereka dengan judul kekasih yang tak dianggap . di tahun kedua, yaitu tahun 2008 mereka bermetamorfosis nama menjadi Armada, disertai dengan rilis album kedua yang berjudul Balas dendam . Di album ini, nama mereka mulai dikenal masyarakat, terutama para anak muda yang sedang dirundung asmara.  Sukses dengan album Balas dendam, kemudian di tahun 2009 mereka merilis album selanjutnya dengan judul Hal terbesar, dengan single terkenal yakni Mau dibawa kemana. Selanjutnya pada tahun 2012, mereka kembali merilis album dengan judul Satu Hati Sejuta Cinta. Dan yang terakhir, pada tahun 2014 muncullah albuum baru mereka dengan judul Pagi Pulang Pagi. Teks lagu di atas adalah salah satu judul lagu yang ada pada album ini.
Saya sebenarnya tidak terlalu memahami dunia musik Indonesia. Hanya sebagian kecil dari berbagai jenis musik di Indonesia yang saya fahami dan saya senangi. Grup Armada saya gemari baru saja, itu pun karena info dari teman yang memang penggemar berat grup band ini. Singkat cerita, ternyata vokalisnya, yakni Rizal ternyata kawan lama saya....oh my god !!!. Ternyata kami sama-sama mempunyai sejarah masa kecil. Ya, sang vokalis ternyata teman saya ketika SMP di Solo. Selama 3 tahun kami sekolah di SMP Negeri 22 Solo, kami satu angkatan di tahun 1997. Siapa yang menyangka, anak kecil yang dulu sering menjadi bahan olokan ( karena bahasa jawanya lucu, logat bahasa yang diucapkannya adalah khas Sumatera ) sekarang  menjadi  sukses di blantika musik Indonesia. Seingat saya, dulu tubuhnya kecil, sering di rombon (dirombon : dibekap , kemudian di pukul ramai – ramai).
Selepas SMP, dia kembali lagi ke daerah asalnya untuk melanjutkan sekolah ke jenjang SMK di Palembang, Sumatera Selatan. Kami sempat berpamitan, saat perpisahan pelepasan siswa di sekolahan. Selang beberapa waktu, ketika saya SMA menginjak kenaikan kelas 2, ada kabar miring bahwa dia meninggal kecelakaan sewaktu bermain balap liar. Berita ini sangat mengejutkan, karena setahu saya tidak mungkin Rizal ikut aksi balap liar, mengingat ketika masa SMP anaknya pendiam dan berperawakan kecil. Tapi tidak tahulah, waktu pun berlalu dengan cepatnya.....
Sampai akhirnya, ada kabar terbaru dari para alumni seangkatan SMP, bahwa sekarang Rizal eksis terkenal di Indonesia, yakni menjadi vokalis grup band Armada. Saya lihat dengan seksama, ternyata benar. Ha ha ha, saya sempat tidak percaya dengan apa yang saya lihat. Rizal yang dulu pemalu, sering dirombon dan kecil badannya, sekarang menjadi orang terkenal..
Saya jadi berfikir, bahwa memang benar dengan ungkapan “ roda pasti berputar “. Siapa sangka yang dulunya adalah bukan siapa – siapa, sekarang menjadi perhatian seluruh publik. Takdir, siapa yang bisa mengira akan kuasa – Nya. Kita hanya bisa berharap, tentang apa yang akan terjadi kelak terhadap kita, semoga jalan terbaik yang akan kita dapatkan.

3 comments:

  1. Sama pak. Tetangga saya waktu kecil, sekarang jdi drummernya tipex. Mas ari. Hehee

    ReplyDelete
  2. Teman kuliah saya juga jadi artis Ronal Surapraja heuheu

    ReplyDelete
  3. temen 1 angkot kalu berangkat sekolah....

    ReplyDelete