Tuesday 29 December 2015

Pesona Kalimantan Barat



Melewati pergantian tahun 2015 tentunya akan menarik jika kita merayakannya dengan mengunjungi tempat yang menarik. Indonesia negara kepulauan yang memiliki ribuan destinasi wisata yang lengkap dengan keelokan panoramanya. Dari Sabang sampai Merauke terhampar luas tempat – tempat indah sebagai khasanah kekayaan alam Indonesia. 
Kalimantan merupakan pulau terluas yang ada di Indonesia. Pulau ini memiliki luas sebesar 743.330 km2 yang terbagi menjadi 5 provinsi , yakni Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara dan Kalimantan Barat. Pulau ini memiliki daratan yang sebagian besarnya masih dalam bentuk hutan alami dan yang memiliki jutaan kekayaan alam di dalamnya. Salah satunya adalah Provinsi Kalimantan Barat yang kebetulan saya berada di daerah ini.
Provinsi Kalimantan Barat memiliki 14 Kotamadya dan kabupaten yang masing – masingnya adalah : Kota Pontianak, Kota Singkawang, Kab. Bengkayang, Kab. Kapuas Hulu, Kab. Kayong Utara, Kab. Ketapang, Kab. Kubu Raya, Kab. Landak, Kab. Melawi, Kab. Pontianak, Kab. Sambas, Kab. Sanggau, Kab. Sekadau, Kab. Sintang. Setiap daerah memiliki ragam budaya dan tempat pariwisata masing – masing. Beberapa tempat wisata yang bisa anda kunjungi antara lain :
1.      Tugu Khatulistiwa
Tugu Khatulistiwa atau Equator Monument tepat berada di Jalan Khatulistiwa Kota Pontianak.  Lokasinya berada sekitar 3 km dari pusat Kota Pontianak, ke arah kabupaten Pontianak . Tugu ini menjadi salah satu ikon wisata Kota Pontianak dan selalu dikunjungi para wisatawan. Akan tetapi, untuk saat ini dalam proses rehab dan sampai sekarang masih ditutup untuk umum. Di dalam gedung terdapat garis imajiner, yang membelah bumi bagian utara dan selatan. Apabila anda berdiri di atasnya, maka seolah – olah anda berada di utara dan selatan bumi. 

                                        Gambar. Tugu Khatulistiwa tampak dari luar dan dalam
                                                                   Sumber : www.detik.com
 2.      Tugu dan taman Digulis
Tugu Digulis terletak tepat berada di jantung kota Pontianak, dibangun untuk mengenang jasa pahlawan yang berasal dari Kalimantan Barat. Tugu ini berbentuk 11 bambu runcing berwarna kuning, sebagai simbolis 11 tokoh Kalimantan Barat yang berjasa dalam memperjuangkan kemerdekaan negara Indonesia. Dinamakan Digulis karena ke-sebelas tokoh tersebut oleh Belanda diasingkan ke Boven Diegul, Irian Barat. Di Tugu ini juga terdapat air mancur yang sangat indah apabila dilihat pada malam hari berhiaskan lampu yang berwarna-warni. Di sebelah utara tugu, terdapat taman digulis yang baru saja direhab. Taman ini biasa digunakan masyarakat untuk nongkrong melepas lelah, atau sekadar untuk ber-selfie ria. 
 Gambar. Tugu Digulis
Sumber : www.pontianak.tribunnews.com 
3.      Taman Alun Kapuas 
     Taman Alun Kapuas merupakan salah satu lokasi wisata yang indah di Pontianak. Taman ini merupakan salah satu proyek Waterfront City dari Pemerintah Kota Pontianak, dan sering disebut dengan nama Taman Alun-alun Kapuas karena terletak tepat di Pinggir Sungai Kapuas 
Gambar. Taman Alun Kapuas
Sumber : www.yukpegi.com
4. Keraton Kadariyah Pontianak
Keraton Kadariah adalah istana kesultanan Pontianak yang dibangun pada dari tahun 1771 sampai 1778 Masehi. Sayyid Syarif Abdurrahman Alkadri adalah sultan pertama yang mendiami istana tersebut. Sebagai cikal-bakal lahirnya Kota Pontianak, Keraton Kadariah menjadi salah satu objek wisata sejarah. 
 Gambar. Istana Keraton Kadariah
sumber : www. wisata pontianak.com
5.      Pulau Temajo Mempawah
Inilah pulau terindah yang pernah saya kunjungi. Terletak Sungai durian di Kabupaten Pontianak, pulau ini masih sangat perawan, bening sekali air disekitar pantainya. Jika kita beruntung, maka  akan terlihat ikan lumba - lumba yang berlompatan di sekitar pulau Temajo. Kita bisa bebas berenang di bibir pantai, mencari ikan, atau mencari pongpongan (kelomang) yang berjalan merayap – rayap di pasir pantai. Pulau temajo juga dijadikan tempat untuk bertelurnya penyu laut. 
Gambar. Salah satu sudut di pulau Temajo
 6.      Bukit Penjamur Bengkayang
Anda suka dengan aktifitas mendaki atau hiking? Maka disinilah tempatnya anda untuk memuaskan diri. Terletak di ketinggian hanya 900 mdpl, anda akan dimanjakan dengan panorama hamparan lautan awan dan spot untuk melihat sun set
Gambar. Bukit Pejamur
 7. Pantai Temajuk
Pantai ini berbeda dengan pulau temajo yang saya paparkan di atas. Pantai ini merupakan daerah perbatasan dengan negeri Jiran Malaysia. Terdapat di Kabupaten Sambas, anda bisa menempuh jalur darat dengan waktu tempuh sekitar 6 jam dari Kota Pontianak. Anda bisa ber-seflie dengan latar belakang bendera 2 negara yang berbeda. 
Gambar. Pantai Temajuk terletak di perbatasan Indonesia dan Malaysia
 8.      Pulau Selimpai
Pulau ini berada di kecamatan Paloh, masih di Kabupaten Sambas. Kawasan Pulau Selimpai merupakan salah satu kawasan konservasi yang terdapat di Kalimantan Barat dengan nama Taman Wisata Alam Tanjung Belimbing. Bentuk pantai yang unik (merupakan Tanjung, bagian daratan yang menjorok ke laut) terdapat di pulau ini, serta memiliki tipe vegetasi dan fauna yang jarang ditemukan di pantai lain. Pasir putih yang landai dan pohon pinus yang tinggi menjulang menjadi daya tarik bagi wisatawan untuk berkunjung ke pulau ini. 
Gambar : Pulau Selimpai
 9.      Air Terjun Mananggar
Air terjun ini terletak di Kabupaten Landak, sekitar 5 jam dari kota Pontianak. Air terjunnya sangat alami, layaknya air terjun Niagara yang berada di benua Amerika. Di sekitar air terjun ini terdapat kampung pedalaman Dayak, dan anda juga bisa berinteraksi mempelajari budayanya. 
 Gambar : Air Terjun Mananggar
10.  Danau Sentarum
Danau ini merupakan Taman Nasional yang berada di Kabupaten Kapuas Hulu. Kapuas Hulu merupakan daerah yang paling jauh dari pusat kota Pontianak, dengan jarak tempuh 20 jam perjalanan darat yang sangat melelahkan. Apabila ada uang lebih, anda bisa menggunakan pesawat perintis dari Bandara Supadio Pontianak yang hanya membutuhkan waktu 45 menit. 
Gambar. Danau Sentarum 
 11.  Bukit Kelam
Bukit batu ini terdapat di Kabupaten Sintang. Konon, batu ini adalah batu monolit terbesar di dunia, yang menjulang tinggi seperti gunung. Apabila anda suka panjat tebing, maka sangat cocok untuk mencoba memanjat bukit ini. 
Gambar. Bukit Kelam
 12.  Jembatan Tayan
Jembatan yang baru saja diresmikan ini sangat indah pemandangannya. Terletak di Kabupaten Sanggau, membentang sepanjang 1,5 km menghubungkan antara Kalimantan Barat dan Kalimantan Tengah. 
Gambar. Jembatan Tayan, jembatan terpanjang di Indonesia
 13.  Hutan Kota ( Arboretum Sylva Untan )
Hutan Kota (Arboretum Sylva Untan) merupakan kebun koleksi tanaman dan pepohonan khusus Kalimantan Barat sebagai tempat keanekaragaman hayati, pengembangan pendidikan, pengembangan hutan kota, serta sarana rekreasi dan hiburan masyarakat. Terletak di kawasan Universitas Tanjung Pura ( Untan) dengan luas 3, 2 hektar, hutan ini menyajikan wahana alam yang bisa dimanfaatkan oleh masyarakat untuk joging, outbond, hobi Photography, atau hanya sekedar bersepeda. 
 Gambar. Hutan kota di Pontianak
14.  Gunung Palung
Gunung Palung merupakan taman nasional yang terdapat di Kabupaten Kayong Utara dan Ketapang. Di taman nasional ini terdapat aneka jenis hewan langka seperti Orang Utan, burung Enggang ( burung khas kalimantan) dan Bekatan. 
 Gambar. Taman Nasional Gunung Palung, tampak burung Enggang di pohon
Sumber : www.timlaman.com
15.  Kota Singkawang
Singkawang merupakan “Tiongkok-nya” Indonesia, karena mayoritas dari penduduk Singkawang adalah etnis China.  Kota ini dijuluki dengan kota seribu kelenteng, karena di tiap sudut kota terdapat tempat ibadah kelenteng. Pada perayaan Cap Go Meh dan imlek , Kota Singkawang benar – benar bagaikan sebuah kota di negara Tiongkok. Selain itu, panorama keindahan pantai Singkawang pun juga patut untuk dikunjungi. 
Gambar. Kota Singkawang di malam hari
16.  Rumah Radakng
Rumah Radakng merupakan rumah khas adat Dayak, yang sengaja dibuat di pusat kota Pontianak sebagai ikon Kalimantan Barat. Rumah panggung dengan tinggi 7 meter ini wajib anda kunjungi apabila berkunjung ke kota Pontianak. Berbagai ornamen ukiran khas Dayak serta patung raksasa burung Enggang menambah daya tarik rumah Radakng untuk dikunjungi. 
 Gambar. Rumah Radakng
Sumber : kabarkalbar.com
17.  Sungai Kapuas
Apa gunanya anda ke Pontianak kalau tidak mampir mengunjungi sungai Kapuas. Sungai terpanjang di Indonesia ini menjadi urat nadi warga Kalimantan Barat dalam memenuhi kebutuhan sehari – hari. Sungai ini masih menjadi andalan warga untuk aktifitas sehari seperti mandi, mencuci, mencari ikan atau memancing. Setiap hari tampak kapal besar dan kecil berlalu lalang melewati sungai kapuas. Saya pun pernah mencoba menggunakan kapal klothok menyusuri sungai kapuas. Ada kesan tersendiri mengunjungi daerah pedalaman melalui jalur air ini.
Gambar. Sungai Kapuas, tampak dari atas
 18.  Air Terjun Pancur Aji Sanggau
Kawasan air terjun ini berada di kabupaten Sanggau, mempunyai ketinggian sekitar 4 – 5 meter saja. Panorama keindahan alam yang asri tersaji di kawasan ini. Aliran air yang sangat bersih menambah daya tarik untuk dikunjungi.
 Gambar. Air Terjun Pancur Aji Sanggau
Demikian beberapa tempat wisata yang bisa anda kunjungi di Kalimantan Barat. Masih banyak tempat indah yang belum bisa saya tulis di sini, karena keterbatasan literatur dan  memang saya bukan orang asli Kalimantan Barat. Silahkan berkunjung ke Kalimantan Barat, merasakan destinasi keindahan alam yang sungguh mempesona.

1 comment: