Sunday 27 December 2015

Tips menulis profesional ala saya....^_^



 
Sumber gambar : www. menulis kreatif.com

Laiknya sebuah pekerjaan pada umumnya, profesi menulis pun membutuhkan kerja keras, disiplin, komitmen serta motivasi yang tinggi. Mereka membutuhkan  waktu yang panjang, bahkan harus melalui proses yang berliku untuk mencapai target yang diinginkan. Tidak ada di dunia ini seorang penulis yang berleha – leha kemudian menciptakan karya yang fenomenal dikenal oleh semua orang.

So, bagaimana langkah – langkah yang harus ditempuh oleh seorang penulis agar sukses? Berikut akan saya share beberapa tips :

1.      Jadwal harian menulis ? Wajib !!
Pepatah mengatakan, “ Jika anda gagal merencanakan, maka sebenarnya anda sedang merencanakan kegagalan”. Tidak ada di dunia ini yang instan, kecuali Supermie atau Indomie yang memang selalu instan dari dulu sampai sekarang..^_^. Profesi menulis apabila ditekuni dengan rajin, maka akan mendatangkan kesuksesan. Banyak yang sudah mempraktekkan dan membuktikan bahwa dari profesi menulis mereka bisa hidup.

Untuk mencapai kesuksesan itu, maka seorang penulis harus mempunyai jadwal harian menulis. Jadwal bisa disesuaikan dengan kondisi pribadi masing – masing. Anda bisa mengambil waktu pagi, siang, sore atau malam hari di saat kondisi sekitar sudah sepi.

Penulis buku The Artist Way yang bernama Julie Cameron mengatakan, terdapat teknik morning page, yakni menulis sebanyak 3 halaman setiap pagi hari. Anda bisa menuliskan apa saja yang terlintas dalam pikiran anda, menyelesaikan jadwal menulis anda, atau hanya sekedar menulis rencana harian anda. Tetapi yang perlu anda ketahui, usahakan 3 halaman bisa tercapai.

2.      Disiplin ? pasti !!
Apa yang terjadi jika anda tidak disiplin dalam menulis? Maka impian anda menjadi penulis terkenal dan menguntungkan akan sia – sia dan gagal total. Meluangkan waktu – waktu khusus di depan laptop, kemudan fokus menyelesaikan target harian kita akan menjadikan habbit yang menguntungkan. Seorang penulis yang profesional meluangkan waktu yang lebih untuk menyelesaikan pekerjaannnya.

Misalkan kita ingin menyelesaikan tulisan 160 halaman dalam waktu 10 hari. Apakah bisa? Jawabannya adalah sangat mungkin bisa. Tinggal bagaimana anda mengatur waktu. Misalnya, anda menyelesaikan 4 halaman pada waktu pagi, siang, sore dan malam hari. Maka dalam sehari anda sudah menyelesaikan 4 x 4 halaman, yakni 16 halaman. Apabila anda disiplin rutin mengerjakannya dalam 10 hari, maka anda akan memperoleh 160 halaman. Mudah bukan ? hehehe ^_^... Tak sekedar kata. Impian yang bagus hanya akan menjadi sebuah  pepesan kosong, ketika kita tidak mau disiplin meraihnya.

3.      Buatlah target !
Target yang terarah bisa memberikan semangat dalam menyelesaikan tulisan – tulisan anda. Untuk penulis yang sudah berpengalaman, target yang mereka tentukan mungkin lebih tinggi dari penulis pemula. Bisa jadi mereka 10 kali lebih tinggi target yang harus diselesaikannya. Misalnya, ketika penulis pemula berkomitmen untuk menyelesaikan 1 halaman per hari, bisa jadi mereka mempunyai target 10 halaman per hari.

Target akan “memaksa” kita untuk tidak bekerja seenaknya saja. Target akan membuat kita untuk selalu disiplin dalam menyelesaikan tugas. Apabila anda berkeinginan menerbitkn buku akan tetapi tidak mempunyai target yang jelas, maka mustahil anda dapat menyelesaikan karya anda.

4.      Reward dan punishment, why not ?
Apa yang anda lakukan, apabila tiba – tiba ada acara mendadak yang tidak bisa anda tinggalkan padahal anda sudah membuat komitmen untuk menyelesaikan karya anda ? Kita bukan robot, tentunya hal ini bisa kita kondisikan sesuai dengan porsinya. Inilah pentingnya reward dan punishment, sehingga kita bisa fleksibel, tetapi tetap komitmen menyelesaikan tugas. Misalnya, anda mempunyai jadwal menulis 3 halaman dalam sehari. Tiba – tiba, orang tua anda meminta supaya diantar ke tempat temannya. Anda tentu tidak bisa menyelesaikan tugas rutin anda. Maka , punishmentnya adalah anda bisa mengganti besoknya, yakni menyelesaikan 6 halaman sekaligus.

Selain punishment, anda juga harus memberikan reward apabila mencapai progres karya anda. Misalnya, ketika anda bisa rutin menyelesaikan 3 halaman setiap hari selama 1 bulan, maka anda akan ber-travelling mencari inspirasi ke tempat yang belum pernah anda kunjungi. Reward dan punishment harus disesuaikan dengan kemampuan pribadi anda, yang penting jangan merasa terbebani.  

5.      Amunisi itu penting !
Perlu persiapan apabila kita hendak menulis. Kita tidak boleh asal – asalan dalam memulai aktifitas kita. Misalnya, apabila kita ingin menulis artikel, kita perlu mempersiapkan segala referensi yang ada untuk tulisan kita. Modem yang suda terisi pulsa jangan sampai dilupakan. Anda suka minum kopi? Silahkan menyeduhnya dahulu di awal sebelum anda memulai menulis.

Siapkan pula charger laptop, jangan sampai ketika anda sedang menulis, tiba – tiba laptop anda mati. Saya mempunyai meja khusus untuk menulis, sehingga segala keperluan yang saya butuhkan selalu siap sedia. Apabila saya menginginkan kopi panas, maka saya tidak perlu pergi ke dapur. Segala kebutuhan seperti kopi, gula, termos air panas, sendok serta cangkir sudah tersedia di samping meja saya. Snack atau makanan ringan pun juga ada di dalam toples – toples kecil.

6.      Fokuslah !!!
Anda harus benar – benar fokus ketika sedang menulis. Sebaiknya jauhkan gadget HP anda , serta jangan membuka laman sosmed pada mozilla atau chrome anda. Selesaikan komitmen anda dulu, setelah itu anda boleh mengerjakan aktifitas yang lain.

Mari menulis !

2 comments: