Sunday 20 December 2015

Resume : Gathering Marketing Online with Kanada Kurniawan ( batch 1 )

 

 Gambar : Gathering bisnis online, mulai pukul 06.00 pagi sambil menikmati kopi panas ( dok.pribadi )

Tanggal : 19 Desember 2015
Tempat : My Point mini market Bang Isa, Jl. Ampera Kota Baru, Pontianak

Alhamdulilah telah terlaksana acara bincang bisnis dan belajar ilmu bisnis online untuk kali pertamanya yang diadakan oleh APMP ( Asosiasi Pengusa Muslim Pontianak ).

Acara ini dihadiri oleh beberapa pebisnis yang ingin belajar untuk mempelajari bisnis online yang sekarang sedang marak di kota – kota besar seperti di Kota Pontianak Kalimantan Barat. Bisnis online sekarang sudah tidak bisa dipandang dengan sebelah mata, raupan laba akan didapat apabila bisnis ini dijalani dengan tekun dan ulet.

Sudah banyak contohnya beberapa pengusaha yang selain berjualan offline , mereka juga mulai merambah ke marketing online. Bisnis online pada prinsipnya sama dengan bisnis offline, yakni sama – sama menjual barang dagangan. Yang membedakan adalah para pebisnis online memanfaatkan mesin internet untuk menjualkan barang dagangannya. Selama 24 jam, mesin akan terus memasarkan produk kepada para konsumen melalui internet. 


Setiap kita pasti menginginkan produknya laku di pasar. Hal ini membutuhkan strategi yang bagus guna barang – barang yang kita jual bisa dengan cepat dikenal dan laku di masyarakat. Strategi marketing dibagi menjadi dua, yakni strategi outbound dan inbound. Keduanya adalah metode yang mana sebisa mungkin kita membuat orang untuk datang ke produk kita dan mereka mau membeli produk kita. 

Outbond marketing adalah strategi dimana kita secara proaktif mencari prospek dan memberitahukan kepada masyarakat tentang produk kita. Kita bisa memakai bom facebook ke berbagai group , atau membeli PIN BM sebanyak-banyaknya, memasang iklan di koran, memasang iklan baliho dan lain sebagainya. Strategi ini membutuhkan biaya yang cukup besar. Metode ini mungkin bisa berhasil dan produk kita laku terjual, akan tetapi biasanya tidak akan bertahan lama. 

Inbound marketing adalah strategi pemasaran dengan target market yang benar-benar tertarget, sehingga sebuah kegiatan pemasaran menjadi efektif. Kita sebagai penjual membuat iklan yang menarik sehingga bisa menarik pembeli untuk mengunjungi dan membeli produk kita. Inbound marketing lebih murah cost nya dan merupakan bisnis yang bisa bertahan jangka panjang. 

Pertemuan gathering ini ke depannya akan lebih membahas tentang strategi marketing inbound, atau yang lebih dikenal dengan istilah marketing online. Marketing online sangat penting, mengingat dunia internet bukanlah hal yang asing di masyarakat. Hampir setiap masyarakat mempunya gadget yang bisa dibawa kemana-mana.

 Untuk mencari harga barang kebutuhan yang diinginkan, mereka tidak menanyakan langsung ke toko, akan tetapi lebih cepat bertanya pada situs google. Apabila dirasa cocok dan murah, mereka biasanya langsung menghubungi penjual dan membelinya. 

Apabila kita bisa memaksimalkan inbound dan outbond marketing, maka aset penjualan kita akan semakin besar. Berikut adalah beberapa yang harus disiapkan para peserta gathering marketing online, dengan mengkombinasikan antara inbound dan outbond marketing, diantaranya adalah : 
1.      Website
Setiap peserta wajib memiliki website, boleh memakai yang gratis atau pun berbayar. Untuk pemain pemula, disarankan memakai yang gratis dulu, seperti blogger.com, wordpress.com, atau yang lainnya. Website haruslah yang informatif, menarik, interaktif, serta di desain dengan apik. Anda belum bisa membuat website atau blog ? hahahah...tenang saja....di sini nanti akan diajari sampai benar – benar bisa. 
2.      Konten
Bang Kanada menyampaikan, kunci utama agar website atau blog kita berada di halam pertama mesin pencari google adalah konten yang bagus. Konten sebaiknya berisi penjelasan rinci tentang seluk beluk produk kita, yang selalu kita upgrade atau perbaiki setiap waktu. Semakin menarik kontennya, maka kemungkinan besar website kita selalu berada halaman mesin pencari. Apabila berada di halaman pertama, maka ada peluang besar website kita untuk dikunjungi. Inilah yang dinamakan dengan SEO ( Search Engine Optimization ). Konten yang baik harus ditampilkan di dalam website kita. Mengenai bagaimana cara membuat konten yang baik, nantinya akan dibahas dalam bab copy writing dan covert selling. Tentang konten, SEO, copywriting dan covert selling nanti secara bertahap akan dibahas pada pertemuan  selanjutnya. 
3.      Social media
Selain website, masih ada hubungannya dengan dunia internet, kita juga bisa memasarkan website dan produk kita via sosial media yang ada. Kita bisa menggunakan Facebook, Twitter, LinkedIn, Google+, dan lain sebagainya. Terutama Facebook, hampir semua orang di kota – kota besar memliki akunnya. Bagi yang belum bisa membuat akun-akun media sosial di atas, nantinya juga akan dijari sampai bisa. 
4.      Memiliki akun di laman penjualan barang gratis
Laman penjualan yang dimaksud adalah seperti tokopedia, jualo, olx, bukalapak, dan lain sebagainya. Semuanya gratis dan bisa dimanfaatkan untuk menjualkan produk kita.

No comments:

Post a Comment