Gambar : Gathering bisnis online, mulai pukul 06.00 pagi sambil menikmati kopi panas ( dok.pribadi )
Tanggal : 19 Desember 2015
Tempat : My Point mini market Bang Isa,
Jl. Ampera Kota Baru, Pontianak
Alhamdulilah telah terlaksana acara bincang
bisnis dan belajar ilmu bisnis online untuk kali pertamanya yang diadakan oleh
APMP ( Asosiasi Pengusa Muslim Pontianak ).
Acara ini dihadiri oleh beberapa pebisnis yang ingin belajar untuk mempelajari bisnis online yang sekarang sedang marak di kota – kota besar seperti di Kota Pontianak Kalimantan Barat. Bisnis online sekarang sudah tidak bisa dipandang dengan sebelah mata, raupan laba akan didapat apabila bisnis ini dijalani dengan tekun dan ulet.
Sudah banyak contohnya beberapa pengusaha yang selain berjualan offline , mereka juga mulai merambah ke marketing online. Bisnis online pada prinsipnya sama dengan bisnis offline, yakni sama – sama menjual barang dagangan. Yang membedakan adalah para pebisnis online memanfaatkan mesin internet untuk menjualkan barang dagangannya. Selama 24 jam, mesin akan terus memasarkan produk kepada para konsumen melalui internet.
Acara ini dihadiri oleh beberapa pebisnis yang ingin belajar untuk mempelajari bisnis online yang sekarang sedang marak di kota – kota besar seperti di Kota Pontianak Kalimantan Barat. Bisnis online sekarang sudah tidak bisa dipandang dengan sebelah mata, raupan laba akan didapat apabila bisnis ini dijalani dengan tekun dan ulet.
Sudah banyak contohnya beberapa pengusaha yang selain berjualan offline , mereka juga mulai merambah ke marketing online. Bisnis online pada prinsipnya sama dengan bisnis offline, yakni sama – sama menjual barang dagangan. Yang membedakan adalah para pebisnis online memanfaatkan mesin internet untuk menjualkan barang dagangannya. Selama 24 jam, mesin akan terus memasarkan produk kepada para konsumen melalui internet.
Setiap kita pasti menginginkan produknya
laku di pasar. Hal ini membutuhkan strategi yang bagus guna barang – barang yang
kita jual bisa dengan cepat dikenal dan laku di masyarakat. Strategi marketing dibagi
menjadi dua, yakni strategi outbound
dan inbound. Keduanya adalah metode
yang mana sebisa mungkin kita membuat orang untuk datang ke produk kita dan
mereka mau membeli produk kita.
Outbond marketing adalah strategi dimana
kita secara proaktif mencari prospek dan memberitahukan kepada masyarakat
tentang produk kita. Kita bisa memakai bom facebook ke berbagai group , atau
membeli PIN BM sebanyak-banyaknya, memasang iklan di koran, memasang iklan
baliho dan lain sebagainya. Strategi ini membutuhkan biaya yang cukup besar. Metode
ini mungkin bisa berhasil dan produk kita laku terjual, akan tetapi biasanya
tidak akan bertahan lama.
Inbound marketing adalah strategi
pemasaran dengan target market yang benar-benar tertarget, sehingga sebuah
kegiatan pemasaran menjadi efektif. Kita sebagai penjual membuat iklan yang
menarik sehingga bisa menarik pembeli untuk mengunjungi dan membeli produk kita.
Inbound marketing lebih murah cost
nya dan merupakan bisnis yang bisa bertahan jangka panjang.
Pertemuan gathering ini ke depannya akan
lebih membahas tentang strategi marketing inbound, atau yang lebih dikenal
dengan istilah marketing online. Marketing online sangat penting, mengingat dunia
internet bukanlah hal yang asing di masyarakat. Hampir setiap masyarakat
mempunya gadget yang bisa dibawa
kemana-mana.
Untuk mencari harga barang kebutuhan yang diinginkan, mereka tidak menanyakan langsung ke toko, akan tetapi lebih cepat bertanya pada situs google. Apabila dirasa cocok dan murah, mereka biasanya langsung menghubungi penjual dan membelinya.
Untuk mencari harga barang kebutuhan yang diinginkan, mereka tidak menanyakan langsung ke toko, akan tetapi lebih cepat bertanya pada situs google. Apabila dirasa cocok dan murah, mereka biasanya langsung menghubungi penjual dan membelinya.
Apabila kita bisa memaksimalkan inbound
dan outbond marketing, maka aset penjualan kita akan semakin besar. Berikut
adalah beberapa yang harus disiapkan para peserta gathering marketing online,
dengan mengkombinasikan antara inbound dan outbond marketing, diantaranya
adalah :
1. Website
Setiap peserta wajib memiliki
website, boleh memakai yang gratis atau pun berbayar. Untuk pemain pemula,
disarankan memakai yang gratis dulu, seperti blogger.com, wordpress.com, atau
yang lainnya. Website haruslah yang informatif, menarik, interaktif, serta di
desain dengan apik. Anda belum bisa membuat website atau blog ?
hahahah...tenang saja....di sini nanti akan diajari sampai benar – benar bisa.
2. Konten
Bang Kanada menyampaikan, kunci
utama agar website atau blog kita berada di halam pertama mesin pencari google adalah konten yang bagus. Konten
sebaiknya berisi penjelasan rinci tentang seluk beluk produk kita, yang selalu
kita upgrade atau perbaiki setiap
waktu. Semakin menarik kontennya, maka kemungkinan besar website kita selalu berada
halaman mesin pencari. Apabila berada di halaman pertama, maka ada peluang
besar website kita untuk dikunjungi. Inilah yang dinamakan dengan SEO ( Search Engine Optimization ). Konten
yang baik harus ditampilkan di dalam website kita. Mengenai bagaimana cara
membuat konten yang baik, nantinya akan dibahas dalam bab copy writing dan covert
selling. Tentang konten, SEO, copywriting dan covert selling nanti secara bertahap akan dibahas pada pertemuan selanjutnya.
3. Social
media
Selain website, masih ada
hubungannya dengan dunia internet, kita juga bisa memasarkan website dan produk
kita via sosial media yang ada. Kita bisa menggunakan Facebook, Twitter,
LinkedIn, Google+, dan lain sebagainya. Terutama Facebook, hampir semua orang
di kota – kota besar memliki akunnya. Bagi yang belum bisa membuat akun-akun
media sosial di atas, nantinya juga akan dijari sampai bisa.
4. Memiliki
akun di laman penjualan barang gratis
Laman penjualan yang dimaksud
adalah seperti tokopedia, jualo, olx, bukalapak, dan lain sebagainya. Semuanya
gratis dan bisa dimanfaatkan untuk menjualkan produk kita.
No comments:
Post a Comment